Home > Hosting & Domain > Pengaturan Email > Konfigurasi Email Hosting POP3/IMAP Untuk Pengguna Android

Konfigurasi Email Hosting POP3/IMAP Untuk Pengguna Android

Pada komputer desktop email client seperti Mozilla Thunderbird ataupun Microsoft Office Outlook mungkin sudah banyak pemilik email hosting yang menggunakannya. Email hosting juga bisa kita aplikasikan pada Android device yang kita miliki, cara mengkonfigurasikan email pribadi melalui email client Android juga bisa dikatakan sama seperti kita menggunakan email client pada komputer desktop. Beberapa keuntungan jika kita melakukan konfigurasi melalui android adalah push notifikasi akan tampil jika ada email masuk layaknya seperti notifikasi aplikasi android lainnya dan yang terpenting memudahkan akses email pribadi, kapan saja, dimana saja, dengan syarat terkoneksi internet.

Pastikan kembali Anda memiliki akun email dari domain, alamat email mengikuti nama domain yang ANda miliki seperti email@domainanda.com. Pada laman control panel (plesk) webmail, klik Mail Client Configuration, dan catat informasi seperti username, password, incoming server dan outgoing server. Jika Anda memiliki akses SSL (Secure Sockets Layer), direkomendasikan untuk memakainya demi keamanan lalu lintas data email.

Berikut ini adalah tutorial cara konfigurasi email hosting pada Android :

1. Buka aplikasi email pada menu Android.


2. Pilih other POP3/IMAP untuk masuk pada halaman konfigurasi email hosting.


3. Pada halaman Account setup, masukan email address email@domain dan password. Klik next


4. Pilih POP3 (protokol email yang digunakan untuk mengambil email dari server) atau IMAP (protokol standar untuk mengakses atau mengambil email dari server). Pilihan ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan.


4. Pada Halaman konfigurasi incoming server, masukan email address, username, password. POP3 server/IMAP server diisi dengan mail.domain-anda.com lalu masukan port 110 untuk default port. Security type pilih none.

Note : Periksa kembali email dan password yang anda masukan.

port-port standar untuk konfigurasi email POP3 maupun IMAP
SSH (Incoming Sever) – Rekomendasi
IMAP: Port 143
POP3: Port 110
SSH (Outgoing Server) – Rekomendasi
SMTP: Port 26
Non-SSH (Incoming Server)
IMAP: Port 993
POP3: Port 995
Non-SSH (Outgoing Server)
SMTP: Port 456




5. Pada Halaman konfigurasi outgoing server, isi port menjadi 25 (default port), klik next untuk melanjutkan.

6. Pada halaman inbox checking frequency, pengaturan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Klik next untuk menyelesaikan konfigurasi email pada email client.

7. Konfigurasi email telah selesai.

Selain email client default dari Android, di Google Play terdapat beberapa aplikasi email client lainnya seperti K-9 Mail, AquaMail, dan MailDroid.