Home > Hosting & Domain > Domain > Apa Itu DNS Propagation/Propagasi Dan Cara Mengatasinya.

Apa Itu DNS Propagation/Propagasi Dan Cara Mengatasinya.

Informasi yang menyangkut tentang letak suatu homepage/domain tercatat pada tabel DNS atau namaserver. Record ini akan diperbaharui oleh Internet Service Provider (ISP) untuk penyesuaian terhadap perubahan atau tambahan informasi pada lokasi homepage. Perubahan dari record tersebut yang dinamakan propagasi.

Proses propagasi biasanya memakan  waktu selama 24-72 jam. Selama periode propagasi ini, ada kemungkinan pengunjung yang ingin mengunjungi situs anda akan masuk pada site lain (situs anda yang baru di server baru atau yang lama di server sebelumnya). Untuk mempercepat proses propagasi ini selesai, anda dapat menghubungi Internet Service Provider (ISP anda) dan meminta mereka untuk memperbaharui DNS mereka dan menghapus domain lama anda dari server mereka. Setelah proses perpindahan telah selesai dan informasi telah lengkap maka proses transfer telah selesai. Setelah itu domain anda akan segera dapat diakses kembali. Biasanya hal ini terjadi apabila anda mengubah nameserver pada domain anda sehingga membutuhkan proses. Untuk hal ini tentu saja tidak semua orang yang mengakses domain anda hasil nya sama, karena setiap ISP berbeda untuk menanggapi respon record baru. Kadang di tempat anda sudah teresolve dengan benar dan bisa dipanggil dengan nama domain anda, terkadang ditempat lain masih belum bisa dipanggil sesuai dengan nama domain nya.

Untuk melakukan pengecekan sejauh mana domain kita melakukan propagasi nya, kita bisa menggunakan online DNS propagation checker seperti whatsmydns.net .

Pada dasarnya ketika anda mengganti nameserver domain anda, maka domain tersebut langsung terpointing ke hosting baru, namun karena sistem DNS internet anda belum mengetahui/update perubahan DNS tersebut maka seolah-olah domain masih mengarah ke hosting yang lama. Apalagi jika anda sudah mengaksesnya ketika domain tersebut nameservernya sebelum dipindahkan, maka otomatis browser anda/komputer atau ISP anda masih menyimpan cache DNS yang mengarah ke hosting lama. Sehingga ketika anda mengarahkan nameserver ke hosting baru, cache DNS tersebut masih mengarahkan domain tersebut ke hosting lama.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk mempercepat masa propagasi pada domain anda : 

1. Clear cache browser anda.
2. Flush DNS.

Tutorial cara melakukan Flush DNS.

3. Ganti DNS internet anda menjadi DNS google 8.8.8.8. dan 8.8.4.4
4. Restart modem/router internet anda.
5. Lalu restart komputer.

Penggunaan web proxy juga bisa menjadi solusi yang tepat untuk melakukan pengecekan.