Home > VPS (Virtual Private Server) > Cara Membuat Account cPanel Pada WHM (WEB Host Manager)

Cara Membuat Account cPanel Pada WHM (WEB Host Manager)

Salah satu fitur penting dalam WHM (Web Host Manager) adalah kemampuan untuk membuat account cPanel. Berikut ini adalah beberapa tahapan yang perlu Anda lakukan.

  1. Login ke akun WHM Anda.



  2. Pada menu sebelah kiri bawah klik "Account Functions" dan klik "Create New Account"



  3. Isi rincian untuk account baru. Berikut ini adalah contoh singkat dari pengaturan yang harus anda isi pada kolom yang telah disediakan:
    - Domain Information
    Masukkan nama domain utama anda, masukan username dan password untuk login cPanel yang akan dibuat, dan kemudian masukkan alamat email aktif yang akan dihubungkan dengan akun Cpanel tersebut.

    - Package
    WHM memungkinkan Anda untuk membuat paket, yang membuatnya lebih mudah untuk mengelola account cPanel. Misalnya, Anda mungkin memiliki paket "Starter" seperti Paket Hosting pada NamaDomain.com tawarkan. Dalam paket tersebut, Anda dapat menetapkan batas seperti jumlah addon domain untuk menghubungkan ke account. Jika Anda tidak memiliki paket-paket ditetapkan, pilih opsi "Pilih pilihan manual" dan mengatur batasan tersebut sekarang.

    Settings
    Pilih tema cPanel yang akan digunakan dan pilih bahasa yang sesuai untuk pengguna.

    - Reseller Settings
    Jika Anda memiliki akses untuk membuat cPanel account, itu berarti Anda memiliki izin reseller.

    DNS Settings
    Bagaimana cara setting nameserver pada sebuah domain yang harus terlebih dahulu dikonfigurasikan pada server. Jika nameserver sudah ditentukan untuk sebuah nama domain pilih opsi "Use the nameservers specified at the Domain's Regsitrar"

    Mail Routing Settings
    Cara berikut ini berfungsi untuk setting email server dengan spesifik domain. Sebagai contoh, setting email dengan server yang berbeda atau dengan cara merubah MX Record. Sangat dianjurkan untuk menggunakan "Automatically Detect Configuration" jika Anda tidak yakin tentang pengaturan ini.

  4. Setelah Anda telah mengisi semua rincian di atas, klik "Create" tombol di bagian bawah halaman.
Selamat, Anda baru saja membuat account cPanel baru!